Senin, 07 Desember 2015

Kerjasama PT. Pos Indonesia dengan MatahariMall.com


Senin,7 Desember 2015. Jakarta - Toko online asli Indonesia, mataharimall.com menggandeng perusahaan negara yang bergerak di jasa pengiriman PT Pos Indonesia. Kerja sama tersebut diharapkan menghasilkan keuntungan bagi kedua belah pihak.

Berkat kerja sama tersebut, artinya masyarakat yang ingin berbelanja online dapat melakukan pembayaran secara COD di Kantor Pos kemudian menerima barang melalui BUMN tersebut. Mataharimall sendiri juga akan menempatkan e-locker, semacam drop box atau po box elektronik, di mana dapat mengambil barang yang dibeli di kotak tersebut.




Chairman MatahariMall.com, Emirsyah Satar ‎mengungkapkan, kerja sama dengan Pos Indonesia meliputi, penambahan titik pengambilan produk dan pembayaran (pickup&payCOD), penempatan eLocker dan logistik. Kerja sama ini dimulai dengan kantor pos pilihan di 199 Kabupaten dan Kota dan penempatan eLocker dimulai dari 10 lokasi strategis di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi dan Bandung mulai besok (8/12/2015).

"Pendirian MatahariMall.com idenya berawal dari perkembangan e-commerce di China, India dan sekarang waktunya di Indonesia. Selama ini kita bukan biggest player, tapi kita punya misi membangun Alibaba-nya Indonesia," ujar Emirsyah saat Penandatanganan MoU Perluasan Jaringan Layanan Pickup&PayCOD serta eLocker di Kantor Pos Lapangan Banteng, Jakarta, Senin (7/12/2015).

Lebih jauh Mantan Direktur Utama PT Garuda Indonesia Tbk itu mengaku, MatahariMall.com didirikan pada 9 September 2015 dengan catatan nilai transaksi terbesar nomor dua di Indonesia. MatahariMall.com didukung perusahaan ritel Lippo Group yang mengelola Matahari Departement Store.

"Kami ingin memberi kesempatan kepada pembeli yang tidak punya kartu kredit. Karena pemilik kartu kredit di Indonesia cuma 10 juta orang. Jadi konsumen bisa membayar cash on delivery, masyarakat bisa ambil barangnya di kantor pos dan membayar di sana," jelas Emirsyah.

Chief Executive Officer (CEO) mataharimall.com Hadi Wenas mengatakan pihaknya akan menambahkan sebanyak 199 titik COD dari 512 kota di seluruh Indonesia.

Dengan penambahan layanan tersebut, lanjut Hadi, pihaknya ingin menggarap segmen baru, yakni masyarakat yang baru pertama kali melakukan belanja online di mana masyarakat yang baru pertama kali belanja online, butuh kepercayaan bahwa barangnya diantar.

Sementara itu, Direktur Utama PT Pos Indonesia Gilarsi mengatakan langkah mataharimall.com tersebut dapat lebih mendekatkan diri dengan masyarakat di mana selama ini sebagian masyarakat hanya bermimpi berbelanja di Matahari Mall mimpi tersebut dapat terwujud dengan hadirnya mataharimall di sejumlah Kantor Pos.

PT Pos Indonesia sendiri, menurut Gilarsi, saat ini telah memiliki 29 ribu pos di seluruh Indonesia. Dengan kerja sama tersebut, seluruh pengiriman belanja online di mataharimall.com akan dilakukan oleh PT Pos Indonesia sehingga memiliki jangkauan pengiriman yang lebih luas.

Dijelaskan, dengan kerja sama tersebut, juga memungkinkan beberapa motode pengiriman barang dari mataharimall.com, yakni barang diantar ke rumah, barang diambil di Matahari Mall, barang diambil di kantor pos, atau barang diambil di e-locker.

Dengan kerja sama tersebut, lanjut Gilarsi, Pos Indonesia dapat meningkatkan layanannya di mana saat ini e-commerce sedang booming, Pos Indonesia menjadi bagiannya.

Untuk mempersiapkan hal itu, Pos Indonesia berbenah memperbaiki diri untuk memberikan pelayanan yang maksimal. Langkah yang dilakukan di antaranya meningkatkan jaringan internet dan membina SDM.

"Kunci dari bisnis pos adalah kepercayaan dan akan memperjuangkan kepercayaan itu untuk memajukan ekonomi Indonesia," jelasnya.

Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara yang hadir dalam kegiatan tersebut menambahkan kerja sama harus memberikan keuntungan yang jelas bagi kedua belah pihak, terutama Pos Indonesia, agar menjadikan kerja sama itu untuk ekspansi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar